Sayur Sederhana: Urap Sayur

Memasak urap sayur di rumah untuk menu harian keluarga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Faktanya memang banyak sekali diantara ibu-ibu rumah tangga yang terkadang kebingungan harus membuat sajian apa di rumah, dengan alasan kehabisan ide, karena pastinya anggota keluarga juga akan bosan jika seandainya hanya diberikan menu makanan yang itu-itu saja bukan, sehingga harus ada variasi setiap harinya. Tentunya sajian yang lengkap tak hanya sekedar daging saja, melainkan juga harus sayur untuk menunjang kebutuhan vitamin dan juga serat.

Hanya saja terkadang memasak sayuran memang gampang-gampang sulit, jika tidak dimasak dengan benar maka nantinya akan membuat rasanya hambar, tak hanya itu kandungan gizi yang ada di dalamnya juga akan menghilang, karena sayuran termasuk dalam jenis bahan makanan yang cukup sensitif untuk dimasak, sehingga harus benar-benar cerdas dalam mengolahnya.

Salah satu menu yang terbuat dari bahan sayuran dan selalu menjadi favorit masyarakat adalah sayur sederhana, pastinya banyak yang mengenal menu makanan yang satu ini, kombinasi antara beberapa jenis sayuran yang dimasak dengan cara merebusnya, kemudian ditambah dengan bumbu kelapa yang gurih dan sedikit pedas nantinya akan membangkitkan nafsu makan. Untuk membuat urap-urap ini maka ada beberapa jenis sayuran yang harus ada, diantaranya adalah:

  1. Kacang panjang, jenis kacang-kacangan yang satu ini memang mudah sekali dijumpai di Indonesia, tak hanya enak, melainkan juga kaya akan kandungan gizi, diantaranya adalah vitamin B kompleks dan juga vitamin C, memiliki banyak sekali manfaat seperti untuk menjaga kesehatan kulit, baik untuk kesehatan jantung sampai dengan mencegah dari penyakit kanker. Dibandingkan dengan jenis sayur yang lainnya, maka kacang panjang ini juga tergolong sangat mudah untuk dimasak.
  2. Tauge, tauge juga termasuk salah satu bahan sayur yang wajib ada di dalam menu urap-urap, sudah menjadi pelengkap dan kurang cocok urap-urap sayuran tanpa bahan yang satu ini, meskipun kecil, namun kaya akan kandungan gizi, vitamin E yang ada pada sayur ini sangat banyak dan bagus untuk menjaga kesuburan. Selain itu juga snagat bagus bagi mereka yang tengah memiliki program diet atau menurunkan berat badan.
  3. Bayam, selain kacang panjang dan juga tauge, maka yang wajib ada adalah bayam, pastinya sudah tidak asing dengan sayur yang satu ini, jenis bayam yang paling umum digunakan dalam pembuatan urap-urap sendiri adalah bayam hijau yang dikenal kaya akan kandungan zat besi untuk mencegah anemia.
  4. Wortel, tampilan urap-urap akan semakin menggugah selera ditambah dengan sayuran yang berwarna merah ini, warna merah pada wortel ini menjadi tanpa kandungan betakaroten yang ada di dalamnya cukup tinggi, bagus untuk menjaga kesehatan mata, juga dapat mencegah penyakit jantung dengan konsumsi secara rutin.
  5. Kembang kol, salah satu satu sayuran dnegan rasa yang enak yaitu kembang kol juga biasa dikombinasikan dalam pembuatan urap-urap sayuran, sangat bagus untuk ibu hamil, juga berfungsi dalam menurunkan berat badan bagi yang tengah menjalani program diet. Kembang kol ini juga kaya akan senyawa untuk meningkatkan sistem imuns.
  6. Sawi, jenis sawi yang umum digunakan adalah sawi putih yang memiliki rasa nikmat dan kaya akan kandungan senyawa seperti beta karoten, vitamin C, kalsium, pottasium dan juga serat.
Baca Juga :  Resep Ampuh Membuat Kreasi Ayam 100% Berhasil

Sayuran tersebut nantinya akan dimasak menggunakan bumbu kelapa yang gurih dan pedas.