Resep Minuman Segar Berikut Bikin Kamu Ketagihan

Indonesia, selain dikenal sebagai negara maritim juga dikenal sebagai negara tropis. Dengan sebutan itu, tidak heran kalau cuaca di Indonesia dianggap cukup ‘gerah’. Apalagi cuaca akan sangat panas saat musim kemarau. Sejak dulu, obat untuk cuaca panas adalah membuat berbagai resep minuman segar untuk menghilangkan rasa panas.

Dengan segelas minuman segar di tengah cuaca yang sedang panas-panasnya sangat meredakan haus. Resep minuman segar antara lain resep es teler menjadi pilihan terbaik untuk melepas dahaga. Biasanya minuman segar ini hanya dengan memcampurkan beberapa bahan sederhana saja kok. Paling penting dari resep minuman segar adalah es batu, gula dan sirup.

Nah, apa saja sih minuman segar yang akan kita bahas? Yuk simak artikel berikut :

  1. Es Cendol

Cendol, siapa yang tidak kenal dengan minuman ini? Es cendol adalah salah satu minuman segar khas indonesa banget yang gampang banget kalian ditemui dijalan. Cendol sendiri terbuat dari tepung hunkue yang diolah dengan daun suji sehingga warnanya hijau. Lalu bentuknya yang lonjong dan kecil-kecil ini disajikan dengan air santan dan gula merah cair. Yang bikin Es cendol makin enak adalah parutan es. Mantap!

  1. Es Campur

Namanya juga es campur, isinya pasti campur-campur. Biasanya es campur ini tiba-tiba dijual dimanapun saat bulan ramadhan. Es campur memang favorit dijadikan minuman berbuka puasa. Minuman ini termasuk minuman khas Indonesia yang isi didalamnya adalah campuran buah segar yang di bentuk bulat, nata de coco, sirup, susu, roti serta di tambah es. Secara umum, campuran isi es campur adalah blewah, rumput laut, kolang-kaling, biji mutiara, potongan agar-agar, tapai singkong, alpukat, nangka, nanas, melon, cincau hitam, dan es. Tiap daerah beda-beda untuk isinya. Untuk membuat kua dari es campur cukup dengan mencampurkan susu kental manis, air matang dan sirup (rasa sesuai selera), lalu tinggal dicampurkan semua bahan yang ada. Segarnya es campur ini bisa ditemukan di restoran, pinggir jalan bahkan pedagang keliling lho.

  1. Es Timun
Baca Juga :  Resep Kue Basah Tradisional Lapis Tepung Beras

Asing dengan minuman ini? Sebagian mungkin iya, karena es timun adalah minuman khas aceh. Tapi sekarang sudah banyak dijual di kota lain. Es timun terbuat dari timun yang diserut dan disajikan dengan lemon dan gula. Beuh, dengar kata timun dan lemon saja sudah terbayang rasa asam segarnya.

  1. Es Dawet

Beda Cendol dengan Dawet apa? Baiklah begini, Es Cendol merupakan minuman dari Bandung, sedangkan Es dawet berasar dari Banjarnegara. Isinya? Mirip-mirip. Bahan cendol sendiri terbuat dari hunkue sndangkan dawet biasa dibuat dari tepung beras. Masih bingug? Tidak kan ya, sebab es dawet kan ada dimana-mana dan menjadi favorit kala sang hari datang dengan terik-teriknya. Es ini disajikan dengan gula merah cair, biasanya es dawet ditambah nangka, sehingga aroma dan rasanya jadi makin mantap.

  1. Es Teler

Ini yang paling pamungkas. Es teler! Es Teler ini minuman yang isinya serutan alpukat, kelapa muda, nagka, kental manis, sirup, santan, pacar cina, agar-agar, dan potongan roti. Mirip es campur ya? Tapi beda lho komposisi bahan isian esnya. Es ini sangat segar, karena banyak isi dan buah di dalamnya. Es Teler banyak kalian temui juga disepanjang jalan. Apalagi kalau sudah bulan ramadhan.

Itulah tadi beberapa resep minuman segar.