Resep Cumi Cabe Ijo, Yuk Buat untuk di Rumah

Apa resep cumi favorit Anda? Lebih suka yang digoreng tepung, dibakar dengan saus manis, atau ditumis dengan saus Padang? Kalau bosan dengan menu cumi yang itu-itu saja, ini saatnya Anda mencoba resep cumi cabe ijo. Hmm, dari namanya saja sudah menggugah selera, kan? Resep satu ini memadukan kenyal dan gurihnya daging cumi dengan pedasnya cabe ijo yang bisa bikin lidah serasa tersetrum. Menu satu ini cocok sekali untuk Anda penyuka pedas atas saat sedang tak nafsu makan. Dijamin deh, menyantap makanan satu ini akan membuat Anda ingin tambah nasi terus menerus. Yuk, simak bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep satu ini!

Bahan-bahan cumi cabe ijo

·         250 gr cumi asin

·         10 buah cabang besar hijau

·         5 siung bawang merah

·         2 siung bawang putih

·         3 buah tomat hijau

·         4 lembar daun jeruk

·         1 lembar daun salam

·         1 ruas lengkuas

·         Gula dan garam secukupnya

·         Minyak untuk menumis

Cara membuat cumi cabe ijo

·         Rendam cumi asin di dalam air panas, diamkan selama 30 menit. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

·         Rebus cabai hijau hingga layu, kemudian ulek sampai hancur. Tidak perlu menggunakan blender karena harusnya masih ada tekstur cabai yang tersisa.

·         Iris halus bawang  merah dan bawang putih, memarkan lengkuas. Tumis di minyak yang sudah dipanaskan dengan ditambakan cabai hijau, daun salam, daun jeruk, dan tomat hijau yang sudah dipotong kecil-kecil. Masak hingga matang.

·         Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Tak perlu memakai terlalu banyak garam karena cumi sudah memiliki rasa asin. Terakhir, tambahkan cumi dan masak hingga mendidih.

Baca Juga :  Ini 3 Resep Cumi Bakar Super Praktis

Resep cumi satu ini cocok sekali disantap sebagai lauk dengan nasi putih hangat. Anda juga bisa menambahkan cabai rawit hijau kalau ingin rasa yang lebih pedas. Uniknya, menu satu ini juga bisa disimpan di dalam toples kaca untuk waktu yang cukup lama, jadi tinggal dihangatkan kembali saat akan disantap. Kalau Anda ingin memakannya sebagai sambal, cincang terlebih dahulu cumi asin sehingga ukurannya lebih kecil dan mudah disantap.

Anda bisa juga kok, memasak resep cumi cabe ijo ini menggunakan cumi segar. Caranya sama persis, hanya cumi asin diganti dengan cumi segar. Kalau dari segi rasa, sama enaknya dan tentu saja cocok disantap dengan nasi. Di dalam menu satu ini juga bisa ditambahkan petai jika Anda suka. Rasa dan aroma khas dari petai akan membuat cumi cabe ijo ini makin menambah selera makan.

Hal penting yang harus diingat saat memasak cumi adalah pastikan Anda tidak memanaskannya terlalu lama. Idelanya, 3 menit adalah waktu yang sempurna untuk membuat daging cumi empuk. Namun kalau sudah lewat dari 3 menit, Anda bisa memasaknya sampai 30 menit sehingga dagingnya empuk kembali. Memasaknya dengan waktu yang tanggung misalnya 15 menit, akan membuat daging cumi keras dan alot sehingga kurang nikmat saat disantap.

resep cumi cabe ijo

Selain itu, Anda bisa memilih cumi berukuran kecil yang relatif lebih gurih dan tidak mudah alot. Pastikan juga membeli cumi yang segar dan tidak beraroma amis sehingga akan makin lezat saat diolah menjadi berbagai jenis menu. Jangan lupa juga memperhatikan proses pembersihan tinta dan tulang rawan cumi yang akan terasa mengganggu saat tercampur ke dalam masakan.