Cara Membuat Bakso Sendiri di Rumah

Salah satu kuliner Indonesia yang memiliki penggemar hingga berjuta-juta adalah bakso. Makanan berupa bulatan daging yang disiram kuah gurih ini memiliki variasi yang banyak sekali. Mulai dari bakso sapi, bakso ayam, bakso ikan, dan masih banyak lagi. Selain itu, bakso kekinian tidak lagi hanya berupa bulatan daging semata. Tapi sudah bisa diisi dengan macam-macam. Ada bakso berisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju. Tidak hanya isinya saja, bahkan cara penyajian bakso pun beraneka ragam. Ada yang menggunakan kuah seperti biasa, ada yang dibakar, ada pula yang dipenyet dengan sambal. Bakso pada umumnya terdiri dari kuah kaldu sapi, pentol, tahu, dan mie. Tapi berhubung semakin banyak inovasi bakso, banyak pula macam-macamnya.

Cara membuat bakso pun juga beraneka ragam, mulai dari cara membuat bakso urat hingga cara membuat bakso telur. Saat ini makin banyak pedagang kaki lima yang menjual bakso. Sayangnya, persaingan yang ketat di antara pedagang bakso membuat mereka mulai memakai cara nakal dan curang. Berikut ini adalah beberapa cara membuat bakso sendiri di rumah yang bisa Anda jadikan referensi: Naked Url

Bakso Udang

Salah satu cara membuat bakso udang adalah dengan mencampurkan udang dengan tepung maizena, bawang putih, garam, dan gula. Beri air es dan aduk sampai adonan bisa dibentuk bulatan. Panaskan air sampai mendidih. Masukkan bulatan bakso. Masak sampai bakso sudah mengapung kemudian angkat dan sajikan.

Lantas bagaimana cara membuat kuah bakso sapi ini? Mari kita simak: Masak air hingga mendidih, masukkan semua bahan, aduk rata. Kemudian tunggu hingga mendidih lagi. Nah, dengan demikian Anda sudah bisa membuat bakso sendiri di rumah.

Di Indonesia sendiri banyak macam bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Bahkan kini bakso tidak lagi hanya bulatan daging namun bisa diisi dengan macam-macam. Bisa diisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Cara buat bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Cara buat bakso sendiri merupakan seni kuliner yang berakar dari budaya kuliner masyarakat Tionghoa. Buktinya berada pada penamaan makanan satu ini: bak-so. Bakso memiliki makna harafiah yakni ‘daging giling’. Dikarenakan Indonesia yang memiliki mayoritas masyarakat beragama muslim, cara membuat bakso di Indonesia biasanya menggunakan daging yang halal, misal daging sapi, ayam, kambing, ataupun ikan. Cara buat bakso pada umumnya terdiri dari kuah kaldu sapi, pentol, tahu, dan mie. Tapi berhubung semakin banyak inovasi bakso, banyak pula macam-macamnya. Cara buat bakso pun juga beraneka ragam dari cara membuat bakso urat hingga cara membuat bakso telur.

Sering kita jumpai pedagang kaki lima yang menjajakan bakso. Dikarenakan semakin ketatnya persaingan di antara pedagang, maka mereka pun berlomba-lomba mendapatkan profit tinggi. Demi mendapatkan pendapatan lebih, tidak sedikit yang kemudian memakai cara nakal. Berikut hal-hal nakal yang dilakukan oleh pedagang bakso.

Baca Juga :  Berbagai Olahan Ayam: Kari Ayam