Bumbu Kacang: Bumbu Sate Kambing

Apa yang Anda lakukan saat mendapatkan porsi daging kambing saat Idul Adha? Langsung memasaknya sebagai tongseng atau gule? Ataukah Anda ingin mengolahnya menjadi sate dengan bumbu yang sederhana? Banyak jenis masakan yang bisa dijadikan olahan dari daging kambing. Dari semua yang ada, bumbu sate kambing memang yang paling mudah dibuat karena Anda bisa membuatnya hanya dari kecap dan kemiri saja. Namun jangan salah, untuk menghadirkan rasa yang baru dari olahan sate kambing, Anda juga bisa membuat bumbu sate kambing dengan kacang seperti pada sate ayam.

Bumbu kecap dan kemiri saja adalah pilihan umum untuk membuat sate kambing, namun bukan berarti Anda tak bisa memodifikasinya. Bumbu sate kacang yang sering digunakan untuk lumuran sate ayam juga bisa Anda gunakan untuk sate kambing. Lain dari bumbu kecap, dengan bumbu kacang, Anda akan mendapatkan varian rasa seperti sate ayam pada bumbunya. Sedangkan untuk daging sate tetap menggunakan daging kambing yang khas akan rasa dan teksturnya. Dengan menggunakan bumbu kacang, Anda bisa membuat sate kambing ini menjadi lebih berkuah kental sehingga bisa membasahi nasi atau lontong yang akan dimakan bersama sate.

Untuk membuat bumbu pada sate kambing dengan kacang, tak jauh beda dengan caranya pada sate ayam. Berikut ini adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuatnya:

  • 1 ons kacang tanah, kemudian goreng hingga matang.
  • 3 siung bawang putih.
  • 5 siung bawang merah.
  • 2 butir kemari.
  • 5 cabai rawit.
  • Garam dan minyak goreng secukupnya.
  • Kecap manis.

Cara untuk mengolah bumbu pertama-tama adalah menghaluskan kacang goreng hingga menjadi super lembut. Setelah itu haluskan juga bumbu yang lainnya kemudian campurkan hingga rata. Tambahkan sedikit air dan kecap serta irisan bawang merah untuk membuatnya lebih encer. Penting untuk diingat bahwa bumbu sate digunakan dua kali yaitu pada saat pembakaran sate dan saat penyajian sate. Untuk itu ambil sebagian bumbu tadi kemudian tambahkan bagian kecil tersebut dengan minyak goreng dan kecap. Gunakan bagian ini untuk mengolesi sate saat melakukan pembakaran.

Baca Juga :  Aneka Kreasi Nasi Sesuai Kreatif Anda

Cara pembuatan sate itu sendiri dimulai dengan memotong-motong daging kambing menjadi potongan kecil kemudian tusukan pada tusuk sate dari ujung hingga ke bagian tengah. Jangan sampai daging sate Anda terlalu banyak karena pada bagian pangkal tusuk akan jarang terkena api sehingga sate tidak akan matang dengan sempurna. Olesi sate mentah dengan bumbu yang telah disiapkan tadi hingga rata kemudian bakar sate tersebut. Olesi beberapa kali saat melakukan pembakaran agar bumbu meresap ke dalam daging. Bakar sate hingga matang namun tidak hangus sehingga tetap enak untuk disantap. Setelah sate matang, oleskan lagi pada bumbu sisa sebelum dihidangkan. Jika anda makan sate dengan nasi atau lontong, tuang bumbu di atasnya untuk membasahi nasi dan lontong dan menghasilkan rasa yang gurih.